Minggu, 27 November 2011

Wasabi itu..

Wasabi! yang saya tahu mengenai wasabi adalah cabe dari Jepang.Yang konon menurut orang2 sangat pedas. Saya membayangkan seperti cabe rawit atau cabe merah atau paprika. dan jika dimakan akan terasa pedas di lidah. Wasabi semam umbi2an yang biasa digunakan sebagai bumbu penyedap masakan Jepang.

Namun dugaan saya itu salah. Beberapa minggu lalu, saya diajak seorang teman makan di sebuah restoran Jepang di Plasa Indonesia. Sebelum makanan datang, teman saya sibuk meracik sebuah krim berwarna hijau dicampur kecap asin di sebuah piring kecil. Saya pun mengikuti tingkah mereka. Maklum, ini pertama kalinya saya makan di resto Jepang. Saya mengambil mangkok wasabi. Krim berwarna hijau, seperti es krim green tea! Saya penggemar es krim, ingin rasanya menjilat krim itu. Tapi setelah tahu itu wasabi, saya batalkan keinginan itu! Teringat PEDAS! Saya icip dikiiitt aja tapi ternyata, tidak terasa pedas di lidah.

Sushi pun datang. Saya masih nyontek cara teman. Sushi dicocolkan ke adonan wasabi kecap asin, kemudian masukkan ke dalam mulut. Kunyah dikit... HUAAAAAAAA.. HIDUNG SAYA TERBAKAR! Seperti ada rasa panas menyengat di dalam hidung. Panas! Tapi tidak ada rasa pedas apa pun di mulut. Saya menarik nafas panjang. Minum ocha, teh jepang. Kemudian mengambil potongan sushi lainnya, mencocolkan ke wasabi, daann rasa panas sedikit berkurang. Sudah mulai terbiasa..

Eh ternyata, ada banyak makanan yang memiliki rasa wasabi. Es krim, coklat, keripik! HAduuhh apa rasanya ya? manis pahit terbakar di hidung? Entahlah. Berani coba?

Ah, ternyata lebih pedas cengek alias cabe rawit. Pedas di mulut, panas di tangan, mules di perut! hahahaha...

Oh ya, wasabi pun judul sebuah film yan diperankan oleh aktor Perancis.Jean Reno. Fillm komedi yang bertugas dengan kepolisian Jepang, kalau tak salah :D pernah nonton film ini tapi lupa. Tanya om google aja buat lebih lengkapnya..


3 komentar:

  1. yum...i...like...on...fish
    n...beef, too!
    ciao baby...@-@

    BalasHapus
  2. you like cook and you love eat.. is it easy to find wasabi in your place? i don't know in jakarta.

    BalasHapus
  3. yes, in nyc we can get Indonesian, Japanese, Chinese,
    Korean and any other natins foodstuff if ONLY you
    tske the time to LOOK!
    Also it is not always too expensive.

    BalasHapus