Minggu, 16 Mei 2010

Di balik lensa

Akhirnya gue dapat kesempatan motret pakai kamera DSLR canon eos 500 dipinjemin ma temen sekolah dulu, trims buat Lukito yang udah percaya ma gue buat pinjemin kameranya.

Pertama pegang kamera ini, waduuhh berasa keren, gaya, naek kelas euy. Biasanya kan pake kamera saku yang imut kayak yang motret hehe.. Gue sedikit gugup, deg2an khawatir salah mencet, hasilnya ga bagus, padahal dah pake kamera keren. Ternyata pake kamera ini, kita mesti ngintip lensa untuk memotret. Waduh! gue ga biasa maen mata, memicingkan salah satu mata. Akhirnya gue coba2 nutup mata pake jempol. Tapi koq gelap ya, gue ga bisa lihat objek yang mau gue jepret. Gawat! batal deh motret2nya. Gue coba sekali lagi. Tetap gelap. Akhirnya gue cek kameranya. Ternyata saudara2... gue belum buka tutup lensanya!! hahahaha... Harap maklum, pengalaman pertama ;)

Setelah semua okey, bisa pejam sebelah mata, menyesuaikan diri dengan beratnya kamera, gue mulai hunting motret anak2 yang sedang ujian nari tradisional dari sebuah sanggar seni tari di Bogor. Pesertanya ada anak2 kecil umur 5 tahunan sampai orang2 dewasa.Dengan kamera ini, objek yang jauh bisa terlihat jelas. Tapi sedikit sulit karena objeknya bergerak2 menari2. Akhirnya Lukito kasih saran, kamera jangan ngikutin objek, tunggu satu ttitik  baru jepret. Berhasil!

Terus gue coba jepret penarinya. Dengan lensa zoom, gue bisa melihat ekspresi para penarinya, gue bisa merasakan suasana hati penari. Ada yang menari lincah, wajah tersenyum. Ada yang menari tapi dengan tatapan kosong. Anak kecil menari dengan gembira, mukanya pun ceria. Tanpa sadar, gue jadi ikut tersenyum merasakan kegembiraan anak kecil menari di atas panggung. Ada yang terlihat gugup karena ditonton banyak orang dan dinilai oleh juri. Gue sekarang mengerti, seorang potographer model bisa marah2in modelnya karena tatapan matanya yang kosong, atau ekspresinya jelek.

Gue juga berhasil motret seorang ibu sedang mendandani anaknya, memakaikan bedak.

hari itu gue motret dari jam 3 sore, istirahat sebentar waktu magrib. Lanjut lagi. Tangan sudah mulai terasa pegal, jari2 udah mulai kaku. Tiba2 kamera ga bisa motret lagi. Hah, memorinya udah habis, gue dapet 300 foto. Ampuunn boros jepret banget ya! Gue langsung kembaliin kamera ke Lukito, dan pamit pulang. Ternyata udah jam 9 malam, toko2 di mall itu udah pada tutup. Hmmm.. kayaknya kalao kamera itu masih ada memorinya, gue ga kan pulang. Terus aja jeprat jepret. Hari yang melelahkan tapi menyenangkan. Suatu hari, gue pasti punya kamera DSLR...




2 komentar:

  1. aamiin. jangan lupa tar poto2 nya diaplot di potografer dot net hehehe

    BalasHapus
  2. itulah.. gue belum dapet foto2 hasil jepretan gue.. hiks.. ga bawa laptop buat simpen foto waktu itu.. belum ketemu lagi ma temen buat ambil fotonya.. :(

    BalasHapus